ADAT ERAT DENGAN LOGAT

Standar

Di Ponis Bukan Adat dan Logat Sunda

Kalau orang Sunda ditanya adat itu apa, maka jawabannya sederhana saja. Peraturan hidup sehari-hari. Kalau hidup tanpa aturan bagi orang Sunda namanya “bedegong, sombong, balaga, polontong, calutak, teu sopan”. Jadi aturan itulah yag di sebut adat, dan adat itulah yang jadi pakaiannya sehari-hari. Karena itu bagi orang Sunda; Silih Asah, Silih Asih,Silih Asuh, duduk tagak beradat, makan minum beradat, berbicara beradat, berjalan beradat, menguap beradat dan batuk saja pun bagi orang Minang beradat. Aturan-aturan itu biasanya disebutkan dalam bentuk tata bahasa sunda, atau UNDAK USUK BASA.

Jadi adat merupakan kebiasaan yang sudah terbiasa yang nempel di seseorang baik itu ucapan “Lentong/sikap” kalau di sunda, semisal bila bertemu, atau lewat di suatu tempat ada orang yang lagi ngobrol maka di sarankan mengucapkan “Punten/Permisi” dan sambil merundukan kepala sedikit tanda “Ajrih/menghormati” sebaliknya kalau orang tidak mengucapkan punten/permisi di adat sunda di sebut Colonos/tidak sopan.

Adat erat dengan logat, betul apa tidak??..

kalau menurut ku sih benar, coba kita buktikan..! tatkala kita ngobrol, atau mendengar orang Jawa pasti logatnya berbeda dengan logat orang Jawa Barat (Sunda), saya punya teman orang Ternate yang terdiri dari lima orang dan mereka berbeda-beda lagi adatnya, walau mereka orang ternate tapi tidak sama logatnya, ada teman dari Riau, mereka sama berbeda logatnya dengan orang padang. Bertemu dengan teman dari Bali, sama mereka punya logat, dari Bima, dari Batam, Jambi, Bangka Blitung semua berbeda -beda logat karna adat erat dengan logat, sudah terjawabkan? hehe..

Alangkah menariknya menjalani hidup ini saya di berikan kesempatan untuk berkumpul, bergabung, tukar pikiran, walau kami berbeda-beda adat, suku, bahasa yang terdiri dari cakupan Se-Indonesia. meneurutku menguji adrenalin ku untuk mempelajari Bahasa dan Adat mereka sehari-hari. Ini merupakan sebuah Program yang di buat SEAMOLEC – ITB.

Akan tetapi memang ada resikonya, apa coba? Saya bi ponis bukan Orang Sunda, karna apa? mungkin saya sering bergabung dengan ketika mengerjakan teugas, sering dengan mereka. ciri Has saya hilang hehe..lucu kan?

Buktinya sudah dua orang yang memponis saya bukan orang Sunda,

  1. Ketika saya ngerjain tugas di kosan teman saya orang Ternate, lalu saya menyempatkan diri untuk Sholat Dzuhur pada saat itu, dan setelah sholat saya bertemu dengan Abang-abang yang lagi menata sarang burung-burung di depan kontrakannya, sayapun menyapanya karna tertarik oleh burung yang di mikiki diya. Selama ngobrol saya teringat dengan dengan pertanyaan diya, “Kalau Abang Orang Ternate?” Pertanyaan itu bagi saya membuat penasaran dan saya pun tidak tahan akan keanehan itu, dan diya memponis saya hal itu karna logat saya sama denga mereka, dan jauh dari logat sunda.
  2. Tadi ketika saya beli nasi di warung yang menjadi langganan saya untuk pengganjal perut selama di Jakarta, Si Mas yang punya Warteg itu pun memponis saya bukan orang Sunda, diya mengira saya orang Riau sama dengan Bank Hary, Bank Selamet, Bank Vegi, yang ngekosan beersebrangan dengan warteg diya, lalu saya menjelaskan kepada diya bahwa saya orang Sunda, asli bahkan Sundanya. Tanggapan  diya gak percaya hal ini, Ya Alloh Ya Robyy…Apa benar semua ini telah berubah?? mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang…!!!

 

About kankasep

Namaku mungkin sudah Populer di Wewengkon/Tatar Sunda yaitu sebuah ciri has orang sunda Asep, hehe...Entah kenapa orangtua ku memberikan sebuah nama Asep, padahal ku cih maunya Nama yang bagus...seperti Primus, atau Ariwibowo, Andilau, Brusly, heheh...tu kan bintang filem.... tapi gak apa-apa lah Asep juga, asalkan bermanfaat bagi semua Masyarakat hasil karyaku dan kreatifitasku. Tapi kalua di lihat dari Bahasa Arab nama Asep itu berawal dari Kata Saepun, yang artinya Pedang....hehe...bagus kan, ya mudah-mudahan ku berharap dari paedah nama itu menjadikan sebuah jembata untuk meneruskan ilmuan di masa yang akan datang. dan sekarang masih kuliya di sebuah institut di Kota Kembang, ngambil jurusan Animasi..doani y moga lancar....AMIIIN...!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s